Cara Membuat Awan Bergerak Pada Foto di Android

Pernahkah kalian liat di instastory temen kalian, di postingan instagram temen kalian atau di media sosial lain ada foto temen kalian dengan latar belakang awan yang bergerak sedangkan temen kalian di dalam foto tersebut tetap diam. Seperti dibawah ini, 

 

Mungkin yang pertama kali ada di fikiran kalian, "itu foto atau video timelapse ya?".

Nah, dan ternyata itu memang sebuah foto/gambar "awalnya". Namun dengan sedikit sentuhan akhirnya gambar tersebut dijadikan sebuah video pendek atau bisa juga menjadi sebuah "gif". Yang akhirnya pada bagian awan di gambar tersebut dibuat seolah olah bergerak. Padahal hanya dengan melakukan penggeseran dibagian awan tersebut dan dilakukan berulang ulang.

Lalu bagaimana membuatnya??

Langsung saja Penipedia akan memberikan cara membuat awan bergerak pada foto dengan menggunakan aplikasi android.

Pertama yang kita harus lakukan adalah mengunduh aplikasi Zoetropic yang ada di playstore.

Setelah Zoetropic berhasil diunduh dan diinstal, buka aplikasi Zoetropic.

 Buka menu pada bagian kiri atas layar (tanda 3 garis) kemudian pilih memori baru. Lalu pilih gambar yang akan kalian edit.


Setelah itu gambar akan muncul pada lembar kerja Zoetropic.

Pada bagian bawah tedapat beberapa icon yang bisa kalian gunakan selama melakukan editing. Untuk memberi efek gerak pilih icon dengan gambar orang berlari "Gerak". 

Lalu sentuh dan geserkan sedikit pada bagian awan yang akan kalian gerakan. Arah panah menunjukkan arah gerakan, sesuai keinginan kalian.


Kemudian pilih icon "Masker". Ini berfungsi untuk menutupi bagian lain pada gambar agar bagian tersebut tidak ikut bergerak. Sapukan pada bagian selain awan tadi (Pohon, tanah, air, perahu dll)

Pada proses ini kalian sudah selesai membuat awan pada gambar tadi bisa bergerak. Sebelum menyimpan kalian bisa mencoba dulu dengan menyentuh tombol play pada bagian atas layar.

Jika kalian rasa sudah oke, buka menu pada bagian kanan atas. Pilih Simpan/Export Video


Atur kriteria video yang akan kalian buat. Kemudian pada bagian bawah terdapat pilihan TANPA LOGO dan DENGAN LOGO, pilih sesuai keinginan kalian.

Keterangan :
TANPA LOGO : Tidak ada watermark dari Zoetropic pada video (Berbayar)
DENGAN LOGO : Ada watermark dari Zoetropic pada video (Gratis)



Setelah itu akan muncul pilihan tipe yang akan dibuat untuk menyimpan. Kalian bisa memilih ekstensi file MP4 atau gif. Disini saya memilih MP4


Dan hasilnyaa....



Untuk tutorialnya kalian juga bisa lihat video ini :



Selain seperti contoh di atas, kalian bisa mengekspresikan sendiri dengan kreatifitas kalian. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba..




Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Membuat Awan Bergerak Pada Foto di Android"

Post a Comment

Terima kasih sudah mengunjungi Penipedia. Semoga semua info disini selalu bermanfaat bagi anda. Jangan lupa tinggalkan kritik dan saran anda pada form komentar di bawah ini. Kritik dan saran anda akan sangat membantu Penipedia agar terus berkembang.